Minggu, 25 November 2012

Sentra Industri Kecil Olahan Strawberry

Latar Belakang
Strawberry
Strawberry merupakan komoditas hasil pertanian yang mempunyai nilai komersil tinggi dan umumnya dipasarkan dalam bentuk segar. Strawberry mulai berkembang di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung sejak tahun 1997, makin lama makin banyak petani menanam strawberry di Kabupaten Bandung khususnya di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali menyebabkan jumlah produksi meningkat. 
Meningkatnya produksi strawberry tanpa diimbangi dengan pemilihan bibit yang baik, budidaya yang baik, penanganan pasca panen yang benar serta pasar yang tersedia, hanya akan menimbulkan masalah pada petani. Strawberry grade rendah biasanya digunakan untuk bahan baku industri pengolahan, yaitu digunakan untuk industri pembuatan jam (selai), jus, sirup, dodol, dsb. Pengolahan strawberry ukuran kecil dan potongan-potongan strawberry sisa yang masih segar sekarang ini telah dilakukan para pengrajin industri kecil Kabupaten Bandung khususnya di daerah penghasil strawberry Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali.
       
          Usaha pengolahan strawberry di Kabupaten Bandung umumnya masih skala kecil Rumah Tangga oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan produksinya, seperti teknologi, mutu produk, ragam produk, tingkat pengetahuan pelaku usaha, manajemen serta pemasaran produknya. Dengan berkembangnya industri kecil pengolahan strawberry di Kabupaten Bandung akan membantu menyerap strawberry grade rendah dari petani sehingga strawberry tidak terbuang karena busuk.
   Untuk meningkatkan peran IKM dalam perekonomian, kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran, Kementerian Perindustrian melalui PERMEN No.78/M-Ind/PER/9-2007 mengadakan program “Peningkatan Efektifitas Pengembangan IKM melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product - OVOP)” disentra produk olahan strawberry Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali yang merupakan salah satu lokus kegiatan OVOP.
        Program OVOP dimaksudkan untuk menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif lokal yang bersifat unik khas daerah serta meningkatkan daya saing. Sasarannya ialah meningkatkan jumlah produk IKM yang bernilai tambah tinggi yang mempunyai daya saing global.
Pembinaan IKM melalui program OVOP diutamakan untuk perusahaan IKM di sentra yang menghasilkan produk terbaik untuk lebih ditingkatkan kualitas dan akses pasar nasional maupun global. 
Sumber Bahan Baku
        Seluruh hasil olahan yang dihasilkan oleh industri pengolahan strawberry di Ciwidey menggunakan strawberry sebagai bahan baku. Walaupun semua industri mendapatkan strawberry dari Desa setempat, akan tetapi ada juga perusahaan yang mendapatkan bahan baku di Kecamatan setempat, dalam hal ini diluar Desa Alam Endah tetapi masih dalam Kecamatan Rancabali. Sebagian besar perusahaan mendapatkan strawberry dari petani setempat dan hanya beberapa perusahaan yang mendapatkannya dari pedagang pengumpul. Jumlah penggunaan bahan baku strawberry oleh industri pengolahan strawberry sekitar 6 - 81 ton / bulan.
Buah strawberry segar jika dibeli dilokasi harganya sekitar Rp.12.000,- s/d Rp.15.000,- dipengumpul Rp.15.000,- s/d Rp.20.000,- dan jika petik sendiri oleh pengunjung / wisatawan Rp.35.000 s/d Rp.40.000. Strawberry yang sudah mulai busuk dapat menular dengan sangat cepat ke strawberry lain yang disimpan bersamaan. Strawberry dapat bertahan 4 hari di lemari es, tetapi di freezer buah ini dapat bertahan selama 1 bulan dengan cara penyimpanan yang benar. Buah strawberry juga banyak manfaatnya bagi kesehatan diantaranya mengurangi kadar kolesterol, kaya dengan vitamin C yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak, dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit dapat terlihat menjadi cerah dan bersih, hingga mencegah keriput pada kulit.
Bahan Penolong
Sebagai pendamping bahan baku, proses pengolahan strawberry juga membutuhkan bahan baku penolong. Bahan baku penolong yang digunakan antara lain gula pasir, agar-agar, tepung ketan dan lain-lain. Akan tetapi dari sekian banyak jenis bahan baku penolong yang digunakan, yang digunakan oleh semua industri dengan jumlah dan nilai yang besar adalah gula pasir.
Gula pasir ini sebagian besar diperoleh dari Desa setempat dan Kecamatan setempat. Selain gula pasir, bahan tambahan pangan yang digunakan oleh industri pengolahan strawberry antara lain benzoat, sitrun, essen dan pewarna makanan.
Proses Produksi
Mesin / peralatan yang digunakan dalam proses produksi pada Industri Pengolahan Strawberry yang menggunakan bahan bakar listrik dan gas antara lain blender / juicer untuk menghancurkan strawberry, kompor gas untuk memasak, freezer, lemari es dan showcase untuk menyegarkan (mengawetkan) dan cup maker untuk pengemasan.
Bantuan mesin peralatan dari Kementerian Perindustrian untuk olahan strawberry yaitu mesin untuk mengolah dodol (tahun 2009) yang diberikan kepada UPPKS Alam Endah dan mesin untuk pembuatan jus (2010)  yang diberikan kepada Asosiasi Pengolah Strawberry dan Petani Strawberry.
Hasil produk olahan strawberry ini bermacam-macam seperti dodol strawberry, manisan strawberry, selai strawberry, jus strawberry, jelly strawberry, kerupuk strawberry, sambal strawberry. Untuk proses produksi olahan strawberry dapat dilihat pada diagram dibawah ini :
 1.    Jelly strawberry /  manisan agar-agar
Jelly Strawberry "Yuriberry"
Pencucian – penirisan – penghancuran – pencampuran dengan bahan pembantu / penolong – pemasakan sampai mendidih – pendinginan – pengisian – penjemuran – pencampuran dengan gula – penjemuran.

2.    Sirup
Sirup Strawberry "Kindy Berry"
Pencucian -  perebusan – penyaringan – pencampuran dengan gula – pemasakan (diaduk sampai mendidih) – pembotolan.





3.    Selai
Selai Strawberry "Sweety"
Pencucian – penirisan – pemasakan – penambahan gula sampai kental membentuk jam (selai) – pengemasan.




Kerupuk Strawberry "Twin's Berry"
4.    Kerupuk
Pencucian – penirisan – penghancuran – pencampuran dengan bahan pembantu / penolong – masukan kedalam plastik – perebusan – pencetakan dan pendinginan – penjemuran.


5. Produk Lainnya 
Dodol Susu Strawberry
Dodol Strawberry "MEGA PUTRA 48"
Sambal Strawberry "Kindy Berry"
All Produk "Sweety"
Produk IKM Strawberry Kab. Bandung
Pengemasan
        Ada berbagai jenis kemasan yang dipakai untuk mengemas produk hasil olahan strawberry diantaranya plastik, kertas, gelas, kertas bergelombang dan jenis kemasan lainnya seperti botol.
        Dalam hal bentuk kemasan, umumnya produk olahan strawberry dikemas dalam bentuk botol, box, kantong dan bentuk lainnya seperti cup plastik dll. Dalam hal pelabelan dan desain kemasan, hampir semua perusahaan menggunakan stiker.
        Adapun satuan berat / volume setiap kemasan diantaranya untuk produk dodol dengan berat kemasan 125 gr, 250 gr dan 300 gr, selai dengan berat kemasan 250 gr, 330 gr, 500 gr dan sirup dengan berat kemasan 330 ml dan 60 ml.
Daya Tahan
Daya tahan hasil olahan strawberry bervariasi, tergantung jenis produk olahannya. Untuk produk dodol strawberry dan manisan strawberry mampu bertahan hingga waktu 3 s/d 6 bulan, sedangkan selai dan sirup mampu bertahan antara 1 s/d 3 bulan.
Potensi
        Dalam sentra produksi hasil olahan strawberry terdapat 21 buah Industri Kecil yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Olahan dan Petani Strawberry (Asspropita) seluruhnya berada di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali. Di Desa ini terdapat perkebunan strawberry yang merupakan bahan baku pembuatan hasil olahan strawberry seperti dodol strawberry, manisan strawberry, selai strawberry, jelly strawberry, agar-agar strawberry, sirup strawberry, juice strawberry dan kerupuk strawberry.
        Jumlah pengusaha industri kecil olahan strawberry yang mengolah strawberry menjadi sirup ada 5 unit usaha dengan kapasitas produksi antara 40 s/d 60 botol perhari, juice 1 unit usaha dengan kapasitas 3 dus perhari (1 dus = 12 botol), dodol 12 unit usaha dengan kapasitas 30 kg/ hari per unit usaha, kerupuk 16 unit usaha dengan kapasitas 40 kg/hari per unit usaha, sambal 2 unit usaha dengan kapasitas 1 dus /hari per unit usaha (1 dus = 48 botol), selai 6 unit usaha dengan kapasitas 20 kg/hari per unit usaha, manisan 10 unit usaha dengan kapasitas 10 kg/hari per unit usaha.
        Daftar nama – nama anggota Asosiasi Produsen Olahan dan Petani Strawberry (Asspropita) adalah sebagai berikut :
No
Nama Pengusaha / Contact Person
Alamat
Nama Perusahaan
Jenis Produksi
Kapasitas Produksi
1.
Dede SP
HP : 081321584703
Barutunggul RT/RW 03/01 Desa Alam Endah
SWEETY
Sirup, Jus, Dodol, Sambal

2.
Agus Riyanto
HP. 081573657423   Tlp (022) 85920624
Sinapeul
R Berry


Dodol,
Agar agar,
Selai,
Sirup
60 kg/minggu
100 kg/minggu
5 dus /minggu
(1 dus = 12, @350 gr)
3.
Lilis Suryanah
HP 085860713300
Cilastari RT/RW 02/03
Kharisma
Dodol,
Manisan agar/jelly,

Selai,
Sirup.
50 kg /hari
50 kg /hari

25 kg /hari
50 botol /hari
4.
Cecep Saefullah
HP 081221394135
Tlp (022) 76067348
Barutunggul RT/RW 03/01
Kindy Berry

Sirup, Dodol, Sambel, Bola-bola rasa strawbery,
Manisan

5.
Titin Supartika
HP 085294363663
Mekarbaru RT/RW 01/03
Tin’s Berry
Kerupuk Strawberry

Dodol, agar
1.000 bungkus/bln
1,5 kuintal/bln
6.
Taryat S
HP 081394340437
Cisuren
Mitra Tani
Dodol, agar, selai

7.
Didin Wahyudin
HP 081321400137
Barutunggul RT. 02/ RW.01
Twin Berry
Kerupuk
50 kg/bln
8.
Ijang / Asih
HP 081322162610
Cilastari RT. 03/ RW. 23
Sinar Asih
Sirup,
Dodol,
Manisan,


Kerupuk,
Selai 
40-50 btl/mingg
10 kg/hari
50 toples                (1 toples =            1/4 kg)/minggu
20 kg/minggu
3 lusin/minggu

9.
Lilis
HP 08122362063
Tlp (022) 85920516
Fax (022) 85920488
Email : yuri_nurandiani@ yahoo.com
Website : www.yuriberry.com
Jl. Raya Ciwidey Km.5 No.782 Ds.Alam Endah Kec. Rancabali
Yuriberry
Dodol,
Selai ,
Sirup,
Kerupuk,
Sambal,


Yoghurt,


Manisan agar-agar,
Bola-bola
Karamel
15 kg/minggu
15 kg/minggu
100 botol/mingg
10 kg/minggu
20 toples             (1 toples =           1/4 kg/minggu)
20 toples                   (1 toples = 1/4kg/minggu)
20 kg/minggu
20 kg/minggu
5 kg/minggu

10.
Hj. Rohaeni
Jl. Raya Ciwidey KM. 05
Quina
Kerupuk
Agar
Dodol
10 kg/minggu
5 kg/minggu
10 kg/minggu
11.
Euis Sukaesih
Datar Puspa
Mega Putra
Dodol
Manisan
Bola-bola
10 kg/minggu
2 kg/hari
150 kg/minggu
12.
Dewi
Datar Puspa
Nadia Berry
Dodol
Bola-bola
Manisan agar
Kerupuk
10 kg/minggu
150 kg/minggu
2 kg/hari
10 kg/minggu
13.
Gungun
HP 081394477208
Sinapeul
Nugi Berry
Dodol
Bola-bola
Manisan agar
Kerupuk
15 kg/minggu
100 kg/2 hari
10 kg/minggu
25 kg/minggu
14.
Wawa
Sinapeul
Alven Berry
Kerupuk
Manisan agar
10 kg/minggu
5 kg/minggu
15.
Ahmad Koswara/Mimin
HP 081221842750
Barutunggul RT. 04/ RW. 01
Red Berry
Kerupuk
15 kg/minggu

16.
Eti
Sinapeul
Siberian
Dodol

17.
Tatang
HP. 08122469254
Cilastari RT. 03/RW. 23
Anugrah Berry
Manisan Agar

18.
Iwan Fitramansyah / Rina
HP. 081321410037
Batununggul RT. 03/01
BL Berry
Dodol
Selai
Manisan agar
75 kg/bulan
75 kg/bulan
100 kg/bulan
19.
Mustofa
HP. 085220530252
Cilastari RT. 04/24
Jembar Berry
Manisan agar

20.
Wari
Mekar Baru
Purnama
Manisan agar

21.
Nina
HP. 085320112531
Batununggul RT. 04/01
Weel Berry
Dodol

 Pemasaran
        Selama ini, industri pengolahan strawberry di Desa Alam Endah Kabupaten Bandung memasarkan produk olahannya tersebar dari Desa setempat, Kecamatan setempat, Kabupaten Setempat hingga Provinsi setempat tetapi bahkan ada yang di eksport ke negara lain. Penjualannya dilaksanakan melalui outlet-outlet setempat, supermarket atau bahkan dijual ditempat wisata yang ada di Kecamatan Ciwidey / Rancabali.
        Mengenai cara pemasaran, sebagian besar dijual sendiri, sebagian diambil pembeli, diantar ke pembeli (Canvasing). Ada juga yang melalui supplier / distributor.
         

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar